telepon-7735

02818903828

logo email

info@smknkejobong.sch.id

Mendasari hasil Pengumuman Program Pengembangan Produk Kreatif yang diselenggarakan oleh Kementrian kebudayaan riset dan teknologi melalui balai besar pengembangan penjaminan mutu Pendidikan vokasi bidang otomtoif dan elektronika malang pada tanggal 13 Oktober 2021. Faiz Muqoro salah satu guru kejuruan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Kejobong terpilih menjadi salah satu peserta yang lolos dan mendapatkan bantuan pengembangan produk kreatif. Setelah melewati tahap pengajuan proposal, tahap wawancara, dan bersaing dengan kurang lebih 165 guru yang mendaftar. Produk kreatif yang di ajukan pada bidang teknologi rekayasa yakni pembuatan mobil listrik dengan tenaga surya dengan control android. Bersama 20 orang peserta perwakilan dari seluruh SMK berbagai penjuru nusantra mengikuti Diklat pengembangan produk kreatif di BBPPMPV BOE Malang.

 

Melalui Dilkat tersebut memberikan kami banyak wawasan dan pengembangan terhadap produk yang kita buat. Pengembangan IOT (Internet of Think) ditekankan pada produk yang kita buat. Pada diklat tersebut juga di bekali bagaimana mematenkan produk kita lewat HAKI (hak kekayaan intelektual)

Setelah kegiatan Dilat selesai barulah kami mulai membuat produk kreatif yang kita ajukan, dengan bantuan TIM dari sekolah jadilah mobil listrik yang kita kembangkan dan sudah melewati uji drive. Pada jalan rata mobil listrik yang kita beri nama “ Boled Elektrik Car dengan control android” dapat menempuh jarak 50-60 km dengan kecepatan maksimal 50 km/jam. Kapasitas batrai yang kita gunakan adalah 48 volt dengan kuat arus 100 ampere. Dynamo penggerak yang kita pakai 3500w mampu membawa beban sampai 1.2 ton.

Kedepanya mobil listrik yang kami buat harapnya dapat perhatian khusus dari pemerintah, khususnya pemerintah daerah sebagai salah satu solusi terhadat banyaknya emisi gas buang yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar minyak bumi. Mobil listrik yang kami kembangkan zero emisi atau tidak menghasilkan emisi gas buang.
Semoga akan banyak muncul karya-karya inovasi baik dari guru, siswa SMK Negeri 1 Kejobong sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan.

One thought on “MOBIL LISTRIK DENGAN KENDALI ANDROID SMK NEGERI 1 KEJOBONG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *