telepon-7735

02818903828

logo email

info@smknkejobong.sch.id

Upacara Bendera Senin, 11 September 2023 Dengan Tema "Budaya Sopan Santun"

Previous slide
Next slide

Sopan santun merupakan sikap/perilaku yang sesuai dengan adat istiadat/norma yang berlaku dan dilakukan untuk menghargai serta menghormati orang di sekitar. Bersikap sopan santun ditujukan kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan, seperti kepada orangtua, guru, teman, bahkan kepada orang lain yang tidak kita kenal.

Pada upacara bendera hari Senin 11 September 2023, Ibu Eka Lailatus Sofa selaku Pembina upacara menyampaikan amanat mengenai budaya sopan santun. Dalam pidatonya beliau menghimbau siswa siswi untuk selalu berperilaku sopan santun, baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Beliau memberikan beberapa contoh perilaku sopan santun seperti, menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata kasar dan kotor, ketika bertemu/berpapasan dengan guru mengucapkan salam, memberikan senyum dan berjabat tangan, tidak menyela pembicaraan, berpakaian yang sopan, berbicara dengan guru menggunakan bahasa Krama bukan bahasa Ngoko atau bisa menggunakan bahasa Indonesia, dan ucap permisi dan menunduk jika lewat di depan orang yang lebih tua.

Budaya sopan santun merupakan akhlak yang mulia. Dengan sopan santun kita bisa mendapatkan manfaatnya, diantaranya disenangi, dihargai, dan dihormati orang lain. “Walau kalian berilmu tinggi, cerdas dan berprestasi, tetapi ketika kalian kehilangan sopan santun, maka nilai kalian akan jatuh”, ucap Bu Eka pada akhir pidatonya.

Dalam kesempatan ini pula SMKN 1 Kejobong dengan program BKK-nya mengundang alumni SMKN 1 Kejobong untuk memberikan motivasi kebekerjaan kepada siswa siswi SMKN 1 Kejobong. Pada upacara yang diikuti oleh seluruh siswa siswi SMKN 1 Kejobong dan Bapak Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Kejobong itu BKK mengundang Ulfah Khasanah alumni SMKN 1 Kejobong tahun 2021. Ulfah sudah sukses dalam bisnis online sejak ia masih duduk di kelas 11. Pada awalnya bisnisnya tersebut bergerak di bidang fashion, kemudian seiring berjalannya waktu ia merambah ke bidang skincare juga. Lalu mengikuti perkembangan sosial media Ulfah juga berhasil mengikuti program tiktok affiliate. Ia sudah bisa menghasilkan omset sebesar 20 juta dalam live tiktoknya.

Banyak hal yang bisa diambil dari kesuksesan Ulfah dalam bisnisnya tersebut. Ia menjelaskan bagaimana bisnisnya ini tidak serta merta langsung berhasil namun juga menjumpai banyak kendala dan kegagalan. Tetapi dari kendala-kendala dan kegagalan yang terjadi ia bisa belajar untuk terus berusaha bangkit sehingga bisa menjadi sukses seperti sekarang ini. Dengan banyak motivasi-motivasi yang diberikan oleh alumni-alumni SMKN 1 Kejobong diharapkan siswa siswi SMKN 1 Kejobong semakin termotivasi dan tidak hanya menjadikan sosialisasi dari alumni sebagai angin lalu.

One thought on “Upacara Bendera Senin, 11 September 2023”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *