telepon-7735

02818903828

logo email

info@smknkejobong.sch.id

Teaching Factory adalah model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan keselarasan proses pengantaran pengembangan keterampilan (skills), pengetahuan (knowledge) dan sikap (attitude) melalui penyelarasan tematik pada mata pelajaran normatif, adaptif dan produktif siswa. Guna tercapainya tujuan dari model pembelajaran ini,SMK Negeri 1 Kejobong, melalui program SMK Pusat Keunggulan skema lanjutan mengadakan workshop pemanfaatan sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan TeFa yang dilaksanakan pada hari Kamis 9 November 2023 di Ruang Serbaguna SMK Negeri 1 Kejobong dengan narasumber dari PT.Daihatsu Purwokerto dan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang (UNIKA Soegijapranata).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan berbagai peralatan praktik yang ada, membangun dan mengelola TeFa serta diharapkan siswa dapat membuat produk jasa yang sesuai dengan permintaan pasar. Selain itu penyelenggaraan TEFA dengan berbagai prosesnya dimulai dari hal kecil dengan tidak keluar dari 4 prinsip TeFa yakni:

1. Efisien: Meningkatkan efisiensi penggunaan alat dan bahan praktik

2. Efektif: Menciptakan suasana pembelajaran sesuai dengan kondisi sesungguhnya di dunia kerja (DU/DI) dalam rangka           pencapaian kompetensi secara tuntas.

3. Keterpaduan, yakni memadukan muatan/ materi pembelajaran mata pelajaran nasional, kewilayahan, dan peminatan               kejuruan.

4. Kolaborasi dengan DU/DI, meningkatkan kerjasama antara SMK dan DU/DI.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *