telepon-7735

02818903828

logo email

info@smknkejobong.sch.id

Pendidikan dan pelatihan adalah kunci utama bagi perkembangan individu dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun, seringkali terjadi kesenjangan antara apa yang diajarkan di dalam kelas dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja. Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja untuk SMK Pusat Keunggulan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan dengan dunia kerja, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK).

Pada hari Senin, 27 November 2023, di Laboratorium DKV SMK Negeri 1 Kejobong diselenggarakan workshop dengan judul “ Penyelaran Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja”, yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru dan sejumlah tamu undangan dari IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja) yang sudah bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Kejobong.

 

 

Tujuan utama dari workshop ini adalah:

  1. Penyelarasan Kurikulum: Workshop ini bertujuan untuk menyesuaikan kurikulum di SMK Negeri 1 Kejobong dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja. Hal ini dilakukan agar materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah relevan dan sesuai dengan perkembangan teknologi dan industri terkini.
  2. Peningkatan Kualitas Pengajaran: Workshop ini memberikan kesempatan bagi para guru SMK Negeri 1 Kejobong untuk memahami lebih dalam tentang perkembangan di dunia kerja dan industri sehingga mereka dapat mengajar dengan lebih efektif dan aktual.
  3. Penguatan Kerjasama dengan Industri: Workshop ini dapat menjadi wadah untuk membangun dan memperkuat kerjasama antara SMK Negeri 1 Kejobong dengan PT. Budi Starrch and Swettener Lampung Tengah. Melalui kerjasama ini, siswa dapat mendapatkan pengalaman nyata melalui magang atau praktek kerja di perusahaan sehingga mereka lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus.
  4. Penyusunan Program Magang atau Praktek Kerja: Workshop ini bisa digunakan untuk merumuskan program magang atau praktek kerja bagi siswa SMK Negeri 1 Kejobong. Program ini akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan berlatih di lingkungan kerja yang sesungguhnya.
  5. Mengidentifikasi Kebutuhan Industri: Workshop ini juga berfungsi sebagai wadah untuk mengidentifikasi kebutuhan industri terkait tenaga kerja, sehingga SMK Negeri 1 Kejobong dapat mempersiapkan siswa sesuai dengan permintaan pasar kerja.
  6. Pemberian Informasi Karir: Workshop ini dapat memberikan informasi yang komprehensif mengenai peluang karir yang tersedia di industri terkait, sehingga siswa SMK Negeri 1 Kejobong memiliki pemahaman yang lebih baik tentang prospek pekerjaan di masa depan.
  7. Pengembangan Keterampilan Soft Skills: Selain keterampilan teknis, workshop ini juga dapat berfokus pada pengembangan keterampilan soft skills, seperti komunikasi, kerjasama, kepemimpinan, dan kreativitas, yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja SMK Pusat Keunggulan akan menjadi momen penting untuk menciptakan sinergi antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Melalui kerjasama yang baik, diharapkan siswa SMK Negeri 1 Kejobong dapat lebih siap dan relevan dengan tuntutan industri, sehingga dapat menjadi tenaga kerja yang kompeten dan berkontribusi secara positif dalam dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *