telepon-7735

02818903828

logo email

info@smknkejobong.sch.id

Salah satu tema wajib yang ada pada P5 yaitu Kebekerjaan, projek pada tema kebekerjaan dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik agar memahami ruang lingkup dan karakteristik pekerjaan sesuai dengan program keahliannya, projek ini meliputi :

1.    Kenali Diri/Impia.

2.    Bekali Diri/Penguatan Kompetensi.

3.    Eksplorasi Potensi Lokal.

4.    Kemampuan Komunikasi Efektif.

5.    Kolaborasi dalam dunia kerja.

6.    Kreativitas dan Proaktif.

7.    Aktualisasi Diri.

8.    Penerapan Komunikasi dalam Wawancara.

9.    Personal Branding (Munuju Dunia Kerja).

10. Rencana Tindak Lanjut (RTL dan Change Project).

 

Tujuan tema Keberkerjaan, tujuan umum adalah agar peserta didik mampu memahami ruang lingkup dan karakteristik dunia kerja sesuai dengan program keahliannya.

Relevansi kegiatan pembelajaran utamanya menerapkan Project BasedLearning dengan melibatkan peserta didik dalam kerja dan dalammelaksanakan projek sosial. Kompetensi yang didapat peserta didik dapat diimplementasikan pada penyelesaian permasalahan sekitar denganmemaksimalkan fungsi RuangPraktik Siswa (Teaching Factory). Peserta didik yang terlibat akan menjadi individu yang lebih efektif, peduli terhadap sesama, siap menghadapi tantangan, berjiwa pemimpin dan bertanggung jawab saat mereka berada di luar sekolah. Dengan kata lain kompetensi kejuruan yang didapat dari proses pembelajaran di SMK akan menempa peserta didik untuk Self-responsibility dan Responsibility to others. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi bidang kebekerjaan, peserta didik SMK diharapkan dapat mengikuti platform digital. Projek ini dilaksanakan sesuai dengan karakteristik program keahlian dan/atau kompetensi yang dibuka oleh masing-masing SMK, dan merujuk pada kebutuhan softskills, hardskills, dan karakter dunia kerja. 

Rabu-Kamis, 24-25 April 2024, SMKN 1 Kejobong Bersama siswa-siswi kelas XI melakukan beberapa kunjungan yaitu kunjungan industri ke Universitas Amikom Purwokerto untuk jurusan TJKT dan Nasmoco Purbalingga untuk jurusan TKR dan TSM.

Universitas Amikom Purwokerto merupakan perluasan dari STIMIK Amikom Yogyakarta yang mempunyai tujuan pemenuhan kebutuhan Tenaga Profesional di bidang Teknologi Informasi. Universitas Amikom Purwokerto sudah Terakreditasi B dan layak untuk dijadikan sebagai tempat menimba ilmu akademis dan praktikum. Disini juga mempunyai managemen kepegawaian yang bagus sehingga SMKN 1 Kejobong tertarik untuk melakukan kunjungan industri di Universitas Amikom Purwokerto.

Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang di dapat peserta selama kunjungan di Universitas Mikom Purwokerto, antara lain :

1.    Prinsip Pendidikan yang mengutamakan kualitas dengan wawasan kewirausahaan berbasis teknologi, hal ini bisa menjadikan motivasi peserta setidaknya jika ingin berwirausahaan harus memulai dengan basis teknologi, baik untuk promosi pemasaran ataupun pengelolaan perusahaan.

2.    Kedisiplinan pegawai dan mahasiswa, disini peserta diajarkan tentang pentingnya disiplin yang merupakan hal wajib jika ingin bekerja, karena dengan disiplin pekerjaan akan selesai tepat waktu dan terarah.

Toyota Purbalingga Nasmoco Dealer resmi sebagai pusat penjualan mobil toyota yang ada di purbalingga dan sekitarnya, Dealer / Showroom Toyota Purbalingga berada di pusat kota purbalingga yang di lalui oleh jalur utama provinsi, sehingga sangat mudah di cari, lokasi ini di pilih untuk pihak Nasmoco Toyota Purbalingga untuk memasrkan Produk kendaraannya.

sebagai market leadaer produk mobil toyota sangat laris di pasaran sebagai contoh mobil avanza yang sampai saat ini masih unggul merajai untuk jenis mobil MPV, mengingat permintaaan pasar yang sangat besar di kota – kota kecil seperti purbalingga, akhirnya pihak Nasmoco mendirikan Dealer pemasarannya di sini.

Serta memperkenalkan berbagai teknologi dengan mudah, menarik dan berkesan kepada mereka tentunya melalui alat peraga yang tersedia di sana. Selain mefasilitasi para pengunjung dengan berbagai alat peraga, Nasmoco Purbalingga juga mempunyai program-program pengembangan wawasan dan pendidikan bagi guru dan para siswa di antaranya diklat bagi guru seminar dan lomba-lomba bagi siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *